Rabu, 26 November 2008

[junior_Trader] ER - Ulasan pagi 26 Nopember 2008. Mengapa mereka tidak nyangkut?


Selamat pagi.

Aturan Buffet (Great Investor). Aturan pertama, jangan rugi. Aturan kedua, lihat aturan pertama. Bagaimana dia mengikuti aturan tersebut? Buffet membeli perusahaan istimewa pada waktu harganya super murah. Harga murah relatif menurut kriteria masing-masing. Ada yang beranggapan bahwa pada waktu IHSG berada di kisaran 2000 harga sudah murah, ada yang menganggap pada waktu IHSG dikisaran 1500 sudah murah, ada yang mengangga pada saat IHSG seperti sekarang ini harga murah dan ada yang ekstrim beranggapan harga belum murah dan lebih nyaman mengambil posisi "Cash Is The King". Tapi yang jelas, karena naggapan-anggapan murah tersebut, mereka tidak akan atau jarang melakukan cut loss. Mereka hanya akan menjual jika harga sudah melebihi dari harga yang mereka beli. Oleh karenanya aturan Buffet bisa mereka ikuti yaitu selalu untung. Akan berapa lama keuntungan diperoleh? Tentunya tergantung di level murah mana mereka beli.

Aturan Soros (Great Speculator). Aturan pertama, jangan rugi. Aturan kedua,kalau sampai rugi buatlah kerugian sekecil-kecilnya. Terjemahan populernya "cut your loss as soon as possible and let your profit run". Kapan belinya. Anytime selama kriteria yang dia tentukan terpenuhi. Bisa saja buy high sell higher atau melakukan short.

Menjalankan aturan-aturan tersebut dengan disiplin menyebabkan baik Buffet maupun Soros hampir tidak pernah nyangkut.

Lalu mengapa kita menjadi NYANGKUTERS?

  • Pertama. Sebagai investor kita takut ketinggalan kereta api. Beli pada waktu saham rally dan harga saham lagi tinggi-tingginya. Dan kadang-kadang yang dibeli saham perusahaan kacangan.
  • Kedua. Sebagai trader kita membiarkan kerugian berlarut-larut, Tidak berani kabur padahal jelas-jelas harga melawan kita.

DOW tiga hari rally dengan kenaikan yang bertambah kecil. Secara psikologis menandakan kelahan. Dalam candlesticks digambarkan dengan ukuran body candle yang bertambah lama bertambah kecil. Para trader sebagian tentu berfikir akan profit taking.

Banyak saham-saham di BEI dalam keadaan oversold. Sudah murah. Mau ikut cara Buffet? Ikuti saja aturan-aturan dan kriteria-kriteria yang dia tetunkan. jangan asal comot. Teliti sebelum membeli. Jnagan mau ikutin kayanya tetapi tidak mengikuti usahanya.

ER - From Parijs van Java

Daftar Kursus lengkap bisa dilihat :http://www.j-club.biz/courses.htm/

Tidak ada komentar: