Minggu, 01 November 2009

Karakter Finansial-Planner yang baik

sumber gambar http://thumbs.dreamstime.com/thumb_271/1211318140QwsSig.jpg

Karakter Finansial-Planner yang baik

1. Pembelajar yang baik.

Seperti pada umumnya harus dimiliki oleh tiap orang yang mau berhasil, seorang Finansial Planner harus memiliki kemauan untuk belajar yang tinggi. Kita harus mau belajar dari setiap situasi, terlepas dari situasi itu menguntungkan atau tidak. Kita mesti rela untuk belajar dari siapapun, bila orang itu dapat mengajarkan kita sesuatu yang baik. Bila karyawan kita memiliki nilai lebih dalam hal Perencanaan Finansialnya, kita perlu belajar dan meminta sarannya dalam membantu perencanaan finansial kita. Bagi orang yang mau berhasil, tidak ada kata ”TERLALU PANDAI” untuk belajar.

2. Konsisten.

Kita perlu konsisten dalam setiap hal yang sudah kita rencanakan. Kita perlu menemukan cara yang dapat memaksa kita melakukan rencana kita (bila itu memang benar-benar perlu dilakukan) walau secara pribadi kita tidak menyukainya. Mungkin banyak orang yang akan menentang keputusan kita, tapi kita harus berani untuk mempertahankan keputusan kita. Misalnya kita berencana untuk berhenti bekerja ikut orang dan mau buka usaha sendiri. Bisa saja istri/suami atau orang-tua kita tidak setuju. Namun kita harus mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan yang matang, dan bukan karena pendapat orang lain.

3. Flexibel.

Ketika menjalankan rencana kita, mungkin banyak hal yang terjadi diluar perencanaan kita. Dalam hal ini kita perlu melakukan penyesuaian. Misalnya harga barang naik dan biaya hidup menjadi semakin tinggi, lebih tinggi dari yang kita antisipasikan. Maka kita harus kembali menyesuaikan rencana pengeluaran kita supaya lebih realistis. Bila perusahaan tempat kita bekerja mengalami kemunduran, kita harus merubah perencanaan kita. Minimal mengantisipasi masa depan kita di perusahaan tersebut, bila mengalami perampingan. Kita harus bersedia merubah Target Finansial kita, bila target kita (di kemudian hari) dirasa terlalu tinggi atau terlalu rendah.

4. Rela membayar harga.

There’s no short-cut tu Success. Setiap keberhasilan, sekecil apapun, pasti ada harga yang harus dibayar. Seharusnya, semakin besar harga yang kita bayar (semakin besar pengorbanan kita) semakin berarti pencapaian tujuan yang kita peroleh. Bahkan, proses membayar harga (mengorbankan sesuatu untuk mencapai tujuan) akan semakin mendewasakan kita. Dimana kita belajar untuk lebih menghargai tujuan kita dengan setiap pengorbanan yang kita lakukan. Kita semakin menghargai hidup ini, dan semua yang kita miliki.

Cara untuk membentuk Karakter Finansial yang baik

Yang pertama harus kita lakukan adalah mengidentifikasikan apa saja karakter seorang Finansial-Planner yang baik. Ini sudah kita lakukan dengan membaca bagian diatas (kecuali ada yang ingin menambahkan karakter yang lain).

Yang kedua adalah memikirkan sendiri pengaruh karakter-karakter tersebut dalam hidup kita dan secara spesifik pada Perencanan Finansial kita. Apa perbedaan yang akan terjadi bila kita memiliki karakter-karakter tersebut? Dapatkah kita mencapai tujuan finansial kita lebih cepat? Dengan memikirkan penaruh karakter-karakter tersebut bagi kita, kita semakin menyadari pentingnya memiliki karakter-karakter tersebut.

Yang ketiga, kita memikirkan aplikasi praktis dalam menanamkan karakter-karakter tersebut dalam pola hidup kita. Misalnya membiasakan diri untuk mendengar pendapat orang lain, banyak membaca buku mengenai perencanaan keuangan dan lain-lain, untuk mengembangkan karakter ”Pembelajar yang baik”.

Terakhir, kita perlu orang lain (antara 2-3 orang) untuk mengingatkan sekaligus mengevaluasi karakter kita. Hal ini berfungsi supaya penilaian terhadap kita lebih objektif.

sumber :http://bei5000.com/fp/

Tidak ada komentar: